Home About Contact Us
BATIK
INDONESIA
NEWS and UPDATE
Batik Fraktal Tetap ...
Hari Batik Itu Ada Loh
Bandung Punya Tiga Jenis Batik
6 Selebriti Dunia Cantik Pakai Batik
Jelang Piala Batik
ACARA dan PENGUMUMAN
10 November 2012
Pelatihan pembuatan batik tulis GRATIS
Contact: 022-3655778
Senin, 22 Oktober 2012

JENIS-JENIS BATIK

Menurut teknik

  • Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
  • Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
  • Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putih.
        Batik tulis memiliki ciri-ciri khusus yaitu tidak adanya motif yang berulang. Jika memang ada motif yang berulang, perulangan motif tidak akan tepat sama (ada cacat design) karena yang dibuat manual dengan tangan manusia. Corak batik tembus dari luar ke bagian dalam kain.
Batik ini biasanya hanya diproduksi satu motif tetap tidak menutup kemungkinan lebih dari satu pembuatan batik dengan corak yang sama.
Contoh batik tulis:



         Batik cap memiliki ciri yang sama dengan batik tulis yaitu pada tembusnya motif pada kain bagian belakang. Batik ini memiliki ciri perulangan motif yang tepat dan dapat diproduksi lebih dari satu corak batik.
Contoh batik cap:

       

          Batik print memiliki motif yang sama dengan batik cap yaitu adanya perulangan motif batik. Perbedaannya terletak dari cara produksi batik. Batik print diproduksi dengan menggunakan mesin yang menghasilkan kain dengan motif batik. Corak batik pada kain tidak tembus di bagian belakang kain.
Contoh batik cap:

Bagian yang diberi kotak adalah bagian yang akan selalu diulang.

Menurut asal pembuatan

Batik Jawa
batik Jawa adalah sebuah warisan kesenian budaya orang Indonesia, khususnya daerah Jawa yang dikuasai orang Jawa dari turun temurun. Batik Jawa mempunyai motif-motif yang berbeda-beda. Perbedaan motif ini biasa terjadi dikarnakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sebuah gambar akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dari leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindu dan Buddha. Batik jawa banyak berkembang di daerah Solo atau yang biasa disebut dengan batik Solo.
 

Berdasarkan daerah asal

 

Berdasarkan corak

 
 SUMBER. 
* ada beberapa modifikasi dari sumber

0 komentar: